Jumat, 13 Februari 2009

MISS KADALUWARSA


I love Drama, ya dibela-belain deh dapet ticketnya untuk nonton pertunjukan drama musikal Miss KADALUWARSA.
So here is the synopsis:


PROLOG
Iring-iringan jenazah ala cina kuno membuka pertunjukan miss kadaluwarsa. Mereka akan menguburkan jenazah Sampek. Engtay, Kekasih sampek, yang cintanya terlarang karena perbedaan status, tak tahan hidup sendiri. Ia lalu terjun masuk ke dalam kubur sampek. Mereka bersatu dalam cinta meski nyawa telah hilang.


ACT ONE
Dewa mengutus sampek dan engtay untuk lahir kembali sebagai patung Loro dan Blonyo, simbol pasangan suami istri abadi yang dipercaya oleh orang jawa. Sebagai Loro Blonyo, dewa menugaskan mereka untuk meyakinkan orang-orang sekarang akan kekuatan cinta. Kemudian jadilah Sampek dan Engtay sebagai sepasang Patung yang ada dirumah Keluarga Pak Duko.
Bapak dan Ibu duko sangat mengharap Putri sulungnya, Narcisisi alias Narsih, Untuk segera menikah. Apalagi sang ibu yang merasa ambisinya kandas karena menikah dengan seorang penjaga sekolah. Sekarang putrinya sudah punya kekasih yang berstatus tinggi serta kaya pula, Dokter Fauzy. Ia merasa ambisinya yang sudah amblas dulu mungkin bisa diwujudkan oleh putrinya.
Di lain pihak, Narcissi sendiri sebenarnya sudah gundah. Sekarang ia sudah menjadi perempuan karier yang sukses. Namun rasanya semua itu tidak ada artinya. Di mata ibunya, ia bukan apa-apa kalau belum kawin dengan laki-laki yang mapan. Di mata teman-temannya, antara lain “Shiva” sahabatnya sejak masa sekolah dulu, ia tetaplah seorang gadis ‘Kampung’ yang tidak cocok masuk ke dalam pergaulan yang lebih tinggi.
Bagaimana dengan fauzy, Fauzy yang seorang ginekolog lulusan negeri Belanda sebenarnya adalah pencinta perempuan sejati. Saking sejatinya dia tidak bisa menolak perempuan mana pun juga. Fauzy yang lahir dan dibesarkan di Belanda nyaris tak kenal siapa ayahnya. Ia hanya hidup berdua dengan ibunya. Tapi kekecewaan terhadap seorang ayah membuatnya sangat mengerti perempuan. Tetapi kekecewaannya terhadap sang ayah menbuatnya tak mau terikat dengan satu perempuan.


Dalam Hidupnya, Narcissi seakan selalu dibayangi oleh Shiva, sahabat sekaligus musuh terbesarnya. Pembawaan Shiva berbeda total dari Narcissi. Ia adalah perempuan yang berani mengambil tantangan tanpa banyak pikir. Sepertinya Shiva memandang remeh Narcissi yang bisa bangkit menjadi permpuan tangguh dan sukses seperti sekarang. Sedangkan ia sendiri,semua-semua yang ia punya adalah warisan ayahnya. Meski tampak ceria, sebenarnya hidup Shiva sangat sepi. Ia tak bisa membagi perasaanya pada siapapun. Rasa yang paling dalam hanya bisa ia ungkapkan kepada ayahnya. Itupun ketika ayahnya sudah ada dalam kubur.


ACT TWO
Shiva tidak tinggal diam ketika tahu bahwa narcissi kini sudah tinggal bersama Fauzy. Intrik lalu dilakukan Shiva untuk menggaet Fauzy. Shiva menawarkan rumah kosong peninggalan ayahnya sebagai tempat praktek Fauzy. Fauzy menerima kunci dirumah Shiva dan sekaligus masuk ke dalam jerat dendam Shiva.
Narcissi yang tahu hubungan antara Shiva dan Fauzy berusaha merebut kembali hati kekasihnya. Disebuah gallery tak sengaja ia bertemu dengan Shiva. Meski sudah tertangkap tangan, Shiva tidak mundur sejengkal pun. Ia malah bilang kalau sebenarnya Narcissi cuma cinta pada dirinya sendiri.
Fauzy juga tak menolak sama sekali ketika Narcissi memutuskan hubungan. Narcissi merasa hidupnya tanpa arti lagi. Percuma ia mengganti namanya dari Narsih menjadi Narcissi, tapi toh ia tetap asing di dunianya yang baru. Kembali ke dunianya yang lamapun ia tak merasa tak nyaman. Narcissi takut menghadapi hidupnya. Dalam puncak keputusannya, Narcissi memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.


EPILOG
Pak duko, ayah narcissi, muncul di saat yang paling kritis. Ia lalu memberikan kesejukan di hati putrinya, Narsih.



Courtesy of EKI Dance Company

Tidak ada komentar:

Posting Komentar